Sabtu, 22 September 2018

Klasifikasi Kelas Pada Ayam

Klasifikasi Kelas Pada Ternak Ayam

           Kelas ayam merupakan sekelompok atau sekumpulan bangsa ayam yang dibentuk dan dikembangkan mula-mula didaerah tertentu yang karakteristik tiap-tiap bangsa dan sifat-sifatnya dapat diturunkan pada generasi berikutnya.
           Berdasarkan buku standart yang pernah saya pelajari terdapat sebelas kelas dalam pembagiannya, namun hanya ada  empat kelas yang penting, yakni kelas Amerika, kelas Asia, kelas Mediterania, dan kelas inggris.
Berikut sedikit pembahasan dari masing- masing kelas pada ternak ayam :

1. ayam kelas Amerika




ayam kelas Amerika merupakan kelompok ayam yang dibentuk dan dikembangkan di Amerika Serikat dengan karakteristik bentuk tubuh sedang, cuping telinga berwarna merah, bulu mengembang, dan kulit berwarna putih. ciri khas lain kulit tellur berwarna coklat kekuningan, kaki tidak berbulu, dan terkenal sebagai tipe dwiguna.
ayam yang termasuk dalam kelas Amerika ini adalah Plymouth Rock, Rhode Island Red, Jersey, Hampshire, Wyandotte (Suprijatna etal.,    2005).


2. ayam kelas Asia



ayam kelas Asia merupakan kelmpok ayam yang dikembangkan di wilayah Asia. Ayam kelas Asia memiliki karakteristik bentuk yubuh besar, bulu merapat tubuh, cuping berwarna merah, dan kerabang telur memiliki warna yang beragam dari cokelat kekuningan sampai putih. Ciri khas lainnya yaitu kakinya berbulu, kulit berwarna putih sampai gelap dan merupakan tipe pedaging.
Contohnya : Brahma, Langshan, Cochin china (Suprijatna et  al.,   2005).


3. Ayam kelas Mediterania



 Ayam kelas Mediterania merupakan kelompok ayam yang dikembangkan disekitar negara dan pulau di Laut Tengah seperti Spanyol dan Italia. Ayam kelas ini memiliki karakteristik bulu yang mengembang, cuping telinga berwarna putih, bentuk tubuh ramping, warna kulit putih, kerabang tellurnya berwarna putih dan merupaka ayam tipe petelur.
Contohnya : Leghorn, Ancona, Spainsh, Minorca, Andalusia (Suprijatna et   al.,   2005).


4.  Ayam kelas Inggris


 Ayam kelas inggris merupakan sekelomppok ayam yang dibentuk dan dikembangkan di Inggris dentgan karakteristik bentuk tubuh yang besar, cuping berwarna merah, kulit putih, kerabang telur coklat kekuningan, dan bulu merapat ke tubuh.
Contohnya : Sussex, Cornish, Orpington, Australorp, Dorking (Suprajatna  et  el.,   2005).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Faktor Penentu Waktu Panen

           Faktor-faktor penentu waktu panen ternak, tentunya akan tergantung kepada jenis ternak yang dipelihara dan tujuan pemeliharaan...