Kamis, 13 September 2018

Klasifikasi Ayam Berdasarkan Ekonomi

 

Klasifikasi Ternak Ayam Berdasarkan Ekonomi


        Klasifikasi ayam berdasarkan ekonomi ini artinya penggolongan yang dilakukan berdasarkan penggunaan atau tujuan pemeliharaan ayam menurut sifatnya.
penggolongan ternak ayam berdasarkan ekonomi adalah sebagai berikut :


  1. Ayam Petelur (layer)

ayampulletjogja.blogspot.com



Ayam petelur yaitu jenis ayam yang sangat efisien dalam menghasilkan telu. Ayam tipe petelur ini umumnya mempunyai bentuk badan yang langsing, jengger danpial baik pada jantan ataupun betina relatif besar, sedikit sekali bahkan tidak mempunyai sifat mengeram, produksi telurnya tinggi, konsunsi pakannya tidka terlalu banyak dan cepat dewasa (lekas bertelur).
Yang banyak masuk kedalam tipe ayam petelur ini umumnya bangsa-bangsa ayam yang berasal dari daerah sekitar Laut Tengah atau ayam yang yang masuk dalam kelas Mediterania.


2. Ayam Pedaging (Broiler)

compasiana.com
Pedaging yaitu jenis ayam yang sangat efisien dalam memproduksi daging. Bangsa-bangsa ayam yang termasuk dalam tipe pedaging umumnya mempunyai bentuk tubuh yang besar dan kokoh, bergerak lambat dan tenang.


3. Ayam Dwiguna


 
www.saga.co.uk

Ayam dwiguna yaitu jenis ayam yang yang efisien dalam menghasilkan telur dan daging. Umumnya sifat-sifat ayam tipe dwiguna ada diantara ayam tipe petelur dengan ayam tipe pedaging. Ayam tipe dwiguna ini mempunyai rata-rata bobot badan yang sedang besarnya, dan mempunyai kemampuan produksi telur yang cukup tinggi.
   

4. Ayam Fancy



www.pinterest.com

Ayam tipe funcy yaitu jenis ayam yang dipelihara dengantujuan untuk perhiasan atau kesenangan. Ayam ini dipelihara bukan untuk memproduksi telur ataupun daging, tetapi dipelihara karena bentuk tubuhnya yang menarik atau warna bulunya yang indah atau beraneka ragam.








1 komentar:

  1. Ayam tipe funcy yaitu jenis ayam yang dipelihara dengantujuan untuk perhiasan atau kesenangan. Ayam ini dipelihara bukan untuk memproduksi telur ataupun daging, tetapi dipelihara karena bentuk tubuhnya yang menarik atau warna bulunya yang indah atau beraneka ragam Modal ternak ayam petelur

    BalasHapus

Faktor Penentu Waktu Panen

           Faktor-faktor penentu waktu panen ternak, tentunya akan tergantung kepada jenis ternak yang dipelihara dan tujuan pemeliharaan...