Senin, 01 Oktober 2018

Bahan Pakan


         Kandungan zat-zat makanan dalam bahan pakan sangat beragam. Pada suatu bahan pakan, kandang-kandang kadar makanan tertentu sangat tinggi, tetapi zat makanan lainnya rendah bahkan sama sekali tidak ada. 


http://dairyfeed.ipb.ac.id/page/konsentrat

Oleh karena itu, untuk penyusunan pakan sebaiknya mengunakan campuran beberapa macam bahan pakan. Berdasarkan kandungan zat-zat pakan, bahan pakan di kelompokan menjadi 4 golongan, Diantaranya:
 1. Bahan pakan sumber energi
Bahan pakan sumber energi mengandung karbohidrat (pati) relatif tinggi dibandungkan zat-zat makanan lainnya. Kandungan protein sekitar 10%. Bahan pakan yang termasuk gologan tersebut diantarnya jagung kuning, ubi kayu, sorgum, dedak padi dan lain-lain.
a. Jagung kuning, penggunaanya 15-70%. Mengadung pro-vitamin A untuk meningkatkan kualitas daging dan telur. Vitamin A memberikan warna kuning pada kulit dan kuning telur.
b. Hasil ikutan pengilingan padi berupa dedak halus, dedak lunte , dan bekatul.
Semua ini merupakan bahan pakan sumber energi karena mengandung karbohidrat bahan pakan yang tersedia melimpah, murah dan mengadung zat makanan tinggi. Tetapi memiliki kelemahan kandungan lemak dan serat kasarnya tinggi sehingga penggunaanya di batasi hanya 30% (maksimal).
Bahan pakan sumber protein harus mengandung protein tinggi, sekitar 45%. Bahan tersebut berupa sumber protein hewani atau nabati.
2. Bahan pakan sumber protein
a. Bahan pakan sumber protein hewani, tepung ikan, tepung bulu ayam, manure.
  • Tepung ikan , terbuat dari ikan dan sisa-sisa ikan. Tepung ikan yang beredar umumnya terbuat dari ikan kecil dan sisa yang tidak dimanfaatkan lagi untuk manusia, sehingga kandungan proteinnya rendah. Tepung ikan yang baik mengandung protein sekitar 60%, tetapi lebih banyak berkisar antara 51-53%.
  • Tepung bulu ayam, mengandung protein tinggi yaitu 85-90%. Namun kualitasnya rendah karena kandungan asam amino rendah.
b. Sumber protein nabati
bungkil kedelai, bungkil kacang tanah. Meskipun kandungan protein tinggi, tetapi     kandungan asam amino esensialnya rendah. Dalam pengunaannya harus diimbangi dengan sumber protein     hewani.
  • Bungkil kedelai ,kandungan proteinnya 42,7%
  • Bungkil kacang tanah, bahan ini merupakan hasil sampingan produksi minyak tanah. Mengandung protein 38,92%.
  • Bungkil kelapa
3. Bahan pakan sumber vitamin
Bahan pakan sumber vitamin berupa hijauan. Bahan tersebut juga berperan sebagai sumber mineral. Pemberian dalam bentuk segar setelah dicingcang agar mudah dimakan ayam, atau ada pula yang diberikan dalam bentuk ikatan-ikatan dan di gantung di dalam kandang. Biasanya pemberian hanya dalam jumlah dan saat tertentu saja. Hijauan misalnya kecambah, bayam, kangkung, dan daun singkong. Pemberian hijauan dalam bentuk tepung dalam campuran pakan sekitar 2-5%.
4. Bahan pakan sumber mineral
Bahan pakan sumber mineral meliputi beberapa bahan, seperti tepung tulang, tepung kulit kerang dan grit. Grit berfungsi sebagai sumber mineral dan dapat membantu pencernaan ayam . Oleh karena itu grit biasanya terdiri dari berbagi campuran batu, granit, kulit kerang, batu kapur dan bahan fosfor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Faktor Penentu Waktu Panen

           Faktor-faktor penentu waktu panen ternak, tentunya akan tergantung kepada jenis ternak yang dipelihara dan tujuan pemeliharaan...